INSTITUT ILMU KESEHATAN DAN TEKNOLOGI AL INSYIRAH PEKANBARU

Membangun Kesadaran Mahasiswa: IKTA dan Yayasan Kanker Indonesia Provinsi Riau Bergandengan dalam Penyuluhan Kanker pada Mahasiswa

Pekanbaru (29/09/2023) – Institut Kesehatan dan Teknologi Al Insyirah (IKTA) bersama dengan Yayasan Kanker Indonesia Provinsi Riau, menyelenggarakan acara sosialisasi dan penyuluhan penting tentang kanker. Acara ini diadakan di Ruang Aula kampus IKTA dan dihadiri oleh mahasiswa Fakultas Kesehatan dan Fakultas Teknologi Kesehatan dan Dosen Bidan IKTA.

Kegiatan ini merupakan upaya kolaboratif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya di kalangan mahasiswa, tentang risiko kanker, pencegahan, deteksi dini, dan perawatan yang tepat. Kanker adalah salah satu penyakit yang memerlukan perhatian khusus dan pengetahuan yang lebih baik dalam upaya mengurangi dampaknya.

Kedatangan Yayasan Kanker Indonesia Provinsi Riau ini dipimpin langsung oleh Ketua Yayasan Kanker Indonesia Cabang Riau, yakni Drs. Indradarmawan, M. Sc., MM yang didampingi oleh Wakil Ketua Bidang II – Pelayanan Sosial, dr. Wiwit Ade FW, M. Biomed., Sp.PA, serta beberapa Staf Pendamping dari Yayasan Kanker Indonesia Cabang Riau.

Dalam kata sambutannya, Rektor IKTA, Dr. Ns. Hj. Rifa Yanti, S.Kep, M,Biomed. menyatakan, “Kami sangat senang bisa bermitra dengan Yayasan Kanker Indonesia Provinsi Riau untuk acara penting ini. Pendidikan dan pengetahuan tentang kanker adalah salah satu kunci dalam melawan penyakit ini, dan kami berharap acara ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada peserta tentang kanker.”

Selama acara, para peserta mendapatkan informasi mendalam tentang jenis-jenis kanker yang umum, faktor risiko, tanda-tanda dan gejala kanker, serta pentingnya deteksi dini. Para ahli dan perwakilan dari Yayasan Kanker Indonesia memberikan presentasi dan sesi tanya jawab yang informatif.

Ketua Yayasan Kanker Indonesia Provinsi Riau, Drs. Indradarmawan M, M.Sc., MM, menyampaikan, “Kami berterima kasih kepada IKTA atas inisiatif ini. Pengetahuan adalah senjata terbaik dalam perang melawan kanker. Melalui edukasi seperti ini, kami berharap dapat mengubah sikap dan perilaku masyarakat dalam menghadapi kanker.”

Pada Sosialisasi ini juga mencakup materi mengenai gaya hidup sehat, pola makan, dan pentingnya aktivitas fisik dalam mengurangi risiko kanker yang di sampaikan langsung oleh Wakil Ketua Bidang II – Pelayanan Sosial, dr. Wiwit Ade FW, M. Biomed., Sp.PA. Yayasan Kanker Indonesia Provinsi Riau berharap bahwa pengetahuan yang diperoleh peserta dapat membantu dalam mencegah kanker dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Kegiatan ini mencerminkan komitmen IKTA untuk terlibat dalam inisiatif sosial yang bermanfaat bagi masyarakat serta mendukung upaya pencegahan dan penanganan penyakit serius seperti kanker.

Laporan: Humas IKTA